New Post
recent

Adakah Efek Samping Masker Kopi Terhadap Kulit?


Kopi saat ini memang bukan hanya bisa digunakan dan dikonsumsi oleh pria untuk menghilangkan kantuk saja melainkan juga digunakan oleh para wanita untuk masalah kecantikan. Penggunaan kopi yang baik dapat membantu memutihkan dan mencerahkan warna kulit secara alami. Namun ternyata meski kopi adalah bahan alami ada efek samping masker kopi yang bisa saja terjadi pada sebagian orang.

Kopi yang digunakan untuk mempercantik dan memperbaiki warna kulit, memang bisa saja memiliki efek samping yang kurang baik. Namun tentu tidak semua orang mengalami hal semacam ini. Efek samping masker kopi bisa dirasakan oleh beberapa orang saja. Karena pada dasarnya kopi adalah bahan alami yang seharusnya tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit.

Apa saja efek samping penggunaan kopi pada kulit?

Bubuk kopi memang merupakan bahan alami yang sejatinya jika digunakan maka tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya jika digunakan pada kulit. Namun ternyata, meski demikian ada beberapa orang yang justru mengalami efek sampingnya. Beberapa efek sampingnya diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Gatal-gatal pada area kulit.
  2. Menimbulkan kemerahan.
  3. Menimbulkan kulit bengkak.
Kenapa memakai masker kopi gatal?
Salah satu efek samping yang akan dirasakan oleh beberapa orang ketika menggunakan kopi untuk kebutuhan kecantikan seperti menjadikannya sebagai masker wajah, atau sebagai lulur kulit adalah rasa gatal. Rasa gatal pada kopi sebenarnya bukan disebabkan karena reaksi zat berbahaya dalam kopi melainkan karena serbuk kopi itu sendiri.
Serbuk kopi bersifat kasar sehingga ketika diaplikasikan pada kulit maka secara tidak langsung serbuk tersebut akan menggaruk kulit anda. Sehingga timbullah rasa gatal pada kulit anda. Selain itu, penyebab lainnya juga karena kulit and ayang sensitif dan tipis membuat kulit mudah merasa gatal ketika ada serbuk kopi di permukaan kulit anda.

Hilangkan gatal saat memakai masker kopi
Nah jika anda merasa mendapatkan efek samping itu, maka hal yang kemudian harus anda lakukan adalah bagaimana cara menghilangkannya. Yang jelas ada beberapa panduan cara yang bisa anda lakukan jika memang mendapatkan efek samping seperti itu. Jika anda tidak ingin ada rasa gatal ketika menggunakan masker kopi ke area kulit anda, maka anda bisa menghilangkan nya dengan cara seperti ini:
  • Membuat serbuk kopi sehalus mungkin.
  • Campurkan serbuk kopi dengan bahan alami lainnya secara merata dengan baik.
  • Jangan asal pilih serbuk kopi.
  • Gunakan ampas kopi.
  • Jangan gunakan ampas kopi yang sudah expire.
  • Gunakan serbuk kopi hasil tumbuk sendiri.
Apakah efek samping kopi ini berbahaya?
Jika  dilihat dari efek samping masker kopi yang telah disebutkan diatas, sebenarnya efek samping yang akan ditimbulkan oleh masker kopi terhadap kulit sensitif tidaklah berbahaya. Karena kopi merupakan bahan alami. Namun dengan catatan selama anda tidak mencampurkannya dengan bahan yang berbahaya lainnya untuk kulit anda. Jika kulit anda memang sensitif maka sebaiknya anda hindari penggunaan masker kopi dengan campuran bahan lainnya.

Artikel Terkait

0 Komentar;

Silakan berkomentar dengan relevan dan pake akun asli ya !

Follow